Terima Kunjungan Diskominfo Jabar, Sekretaris Diskominfo Ciamis Koordinasikan Pengelolaan Satu Data, Satu Peta, dan Pendataan Keluarga

Rabu, 23 Maret 2022 tim Diskominfo Jabar diterima secara langsung oleh Sekretaris Diskominfo Ciamis, Sujono. Para kabid di lingkungan Diskominfo Ciamis juga turut hadir dalam pertemuan tersebut. Selain itu, koordinator substantif dan staf dari Bidang Pengelolaan Statistik dan Data Elektronik (PSDE) juga ditugaskan untuk hadir dalam pertemuan. Tujuan dari kunjungan Diskominfo Jabar yaitu untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi tata kelola data di Jawa Barat.

 

Tim dari Diskominfo Jabar yang diwakili oleh aparatur dari Bidang Statistik menyampaikan bahwa rekonsiliasi data untuk diseminasi di daerah dalam angka telah dilakukan dengan baik dan buku Jawa Barat dalam Angka 2022 telah dirilis. Untuk itu, mereka berterima kasih atas dukungan dari Diskominfo Ciamis.

 

Dalam pertemuan tersebut juga dikoordinasikan tentang program satu data dan satu peta. Disampaikan oleh tim dari Diskominfo Jabar bahwa data geospasial harus dikelola dengan baik agar dapat memberikan insight yang mendukung pembangunan daerah. Di Diskominfo Jabar, hari Rabu dijadikan sebagai hari peta untuk mengingatkan tentang pentingnya pengelolaan data geospasial.

 

Untuk memperkuat ekosistem data di Jawa Barat, Diskominfo Jabar akan mengembangkan aplikasi untuk mengumpulkan data keluarga. Hal tersebut telah disampaikan juga pada webinar tentang satu data keluarga yang menghadirkan Diskominfo DKI Jakarta selaku pemateri. Menanggapi itu, Diskominfo Ciamis melakukan ekspos aplikasi SiPocis yang memiliki fungsi pengumpulan data dari keluarga.

 

Sebagai tambahan informasi, disampaikan bahwa data mikro hasil dari Susenas, Sakernas, dan Podes telah tersedia di Diskominfo Jabar. Apabila Pemerintah Kabupaten Ciamis membutuhkan data tersebut, Diskominfo Ciamis dapat mengajukan permintaan data melalui aplikasi di Ekosistem Data Jabar atau bersurat ke Diskominfo Jabar.

Tags: Berita

Senang dengan layanan kami?

Dengan berlangganan, maka lebih mudah bagi kami untuk mempromosikan aktifitias terbaru.