Diskominfo Kabupaten Ciamis Menerima Kunjungan Kerja dari Diskominfo Kabupaten Subang, Membahas Tata Kelola Data di Pemerintah Daerah

Kamis, 30 Juni 2022, Diskominfo Ciamis menerima kunjungan dari Diskominfo Subang. Hadir dalam kunjungan kerja tersebut Kepala Diskominfo Subang, Drs. Mas Indra Subhan, M.Si yang didampingi oleh Plh. Sekdin dan Kabid Statistik. Rombongan tersebut diterima oleh Sekretaris Diskominfo, Amin Mabruri S.STP, MM, dan Kabid Pengelolaan Statistik dan Data Elektronik (PSDE) Asep Syahban, ST., MM beserta jajarannya.

Agenda utama kunjungan kerja yaitu mendiskusikan tentang tata kelola data di pemerintah daerah, khususnya data statistik dan geospasial. Kepala Diskominfo Subang menyampaikan bahwa hal terpenting dari pertemuan ini adalah silaturahim dan bertukar pengetahuan. Sekretaris Diskominfo Ciamis menyambut baik kunjungan dari Diskominfo Subang. Beliau berpendapat bahwa pertukaran informasi antar pengelola data sangat penting untuk meningkatkan kualitas data. “Sekarang data semakin penting karena persoalan semakin kompleks. Pengelolaan data yang baik dapat mendukung perencanaan dan meningkatkan efektivitas serta efisiensi pembangunan.” Beliau menambahkan, “Good data, good decision. Bad data, bad decision”

Diskominfo Ciamis menunjukkan aplikasi yang digunakan sebagai alat bantu pengumpulan data dan portal diseminasi data. Selain itu, dijelaskan pula best practice pemanfaatan data dalam percepatan penanganan dan pengendalian Covid-19. Kabid PSDE menjelaskan bahwa kolaborasi lintas sektor menjadi kunci keberhasilan pemanfaatan data.

Sementara itu, Diskominfo Subang menerangkan bahwa telah menyusun Buku Peta Tematik Kabupaten Subang Tahun 2022 yang berisi informasi geospasial batas wilayah administratif kecamatan dan desa/kelurahan di Subang. Peta tersebut telah sesuai dengan hasil dari Badan Informasi Geospasial (BIG). Kabid Statistik Diskominfo Subang mengatakan bahwa pengelolaan dan pemanfaatan data geospasial sangat penting untuk mendukung pembangunan daerah.

Di akhir sesi dilakukan diskusi tentang regulasi yang mengatur penyelenggaraan Satu Data Indonesia di tingkat kabupaten. Selain itu, dibahas juga tentang strategi untuk mengoptimalkan fungsi pengampu urusan pemerintahan bidang statistik. Baik Diskominfo Ciamis maupun Subang percaya bahwa pengelolaan data yang baik mampu mendukung efektivitas dan efisiensi pembangunan daerah.

Tags: Berita

Senang dengan layanan kami?

Dengan berlangganan, maka lebih mudah bagi kami untuk mempromosikan aktifitias terbaru.