Sistem Informasi Desa

Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

Sistem Informasi adalah sistem yang menyajikan informasi elektronik yang berbasis Teknologi lnformasi dan Komunikasi (TIK). - Peraturan Bupati Ciamis Nomor 42 Tahun 2019 Tentang PenyelenggaraanSistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Berdasarkan Undangan-Undangan Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Pasal 86.

  1. Desa berhak mendapatkan akses Informasi melalui sistem infomrasi desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.
  2. Pemerintah dan Pemerintah daerah wajib mengembangkan sistem Informasi Desa dan pembangunan Kawasan Pedesaan.
  3. Sistem Informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi fasilitasi perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia.
  4. Sistem Informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi data Desa, data Pembangunan Desa, Kawasan Perdesaan, serta Informasi lain yang berkaitan dengan Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Pedesaan.
  5. Sistem Informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dikelola oleh Pemerintah Desa dan dapat diakses oleh masyarakat Desa dan semua pemangku kepentingan.
  6. Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota menyediakan Informasi perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota untuk Desa.

Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021

Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

  1. Pengembangan, pengelolaan dan pengintegrasian sistem administrasi keuangan dan aset desa dengan aplikasi digital yang disediakan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
  2. Pengembangan, pengelolaan dan pengintegrasian sistem Informasi Desa yang berbasis aplikasi digital yang disediakan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.
  3. Pengembangan keterbukaan Informasi pembangunan Desa berbasis aplikasi digital; dan
  4. Pengadaan sarana/prasarana teknologi Informasi dan komunikasi berbasis aplikasi digital meliputi:
    1. Tower untuk jaringan internet
    2. Pengadaan computer
    3. Smartphone, dan
    4. Langganan internet
  5. Kegiatan pengembangan, pengelolaan dan pengintegrasian teknologi Informasi dan komunikasi lainnya yang sesuai dengan kewenangan Desa yang diputuskan dalam musyawarah Desa.

 

Tags: Desa

Senang dengan layanan kami?

Dengan berlangganan, maka lebih mudah bagi kami untuk mempromosikan aktifitias terbaru.