Cara Mudah Cek Pinjol Ilegal

Pinjaman online atau yang biasa disebut "pinjol" sudah ada sejak dulu. Namun akhir-akhir ini pinjol jadi trending topic di TV, media sosial, dan media komunikasi lainnya. Bahkan di tongkrongan pun pinjol jadi salah satu topik obrolan seru. Pinjaman di pinjol mana? Dibayar atau tidak usah? Pinjolnya legal atau tidak? Itulah beberapa pertanyaan pemantik diskusi seru.

Kabar terkini yang menarik perhatian adalah pernyataan Menko Polhukam, Prof. Mahfud MD. Di Kompas TV dia menyatakan bahwa pinjol ilegal dapat dijerat hukum pidana dan "korban" pinjol tak perlu bayar. Sungguh suatu kabar yang jelas tapi kontroversial. Tulisan ini tidak membahas kontroversi itu tetapi akan memberikan informasi tentang cara mudah mengecek legalitas pinjol.

OJK telah memberikan kemudahan fasiltias untuk mengecek apakah pinjol legal atau tidak. Pengguna dapat melihat daftar pinjol di website OJK lewat menu IKNB atau menghubungi kontak Whatsapp (WA) OJK. Secara khusus, kami akan memberikan langkah-langkah mengecek legalitas pinjol dengan menggunakan WA yang terbilang lebih mudah. Pembaca hanya perlu menyimpan kontak WA OJK lalu mengirim chat berisi nama pinjol ke kontak tersebut. Berikut langkah-langkah mengecek legalitas pinjol menggunakan WA OJK.

  1. Simpan nomor 081157157157 di daftar kontak HP anda, contohnya OJK Official;
  2. Kirim chat nama atau alamat web pinjol anda ke OJK Official;
  3. Tunggu balasan dari OJK Official; dan
  4. Baca balasannya chat dari OJK Official dengan cermat.

Hal yang perlu anda perhatikan saat membaca balasan dari OJK Official yaitu:

  1. jika balasan dari OJK Official menyatakan pinjol BERIZIN berarti pinjol tersebut LEGAL,
  2. jika balasan dari OJK Official menyatakan pinjol TIDAK TERDAFTAR berarti pinjol tersebut ILEGAL, dan
  3. jika balasan dari OJK Official tidak menyatakan BERIZIN atau TIDAK TERDAFTAR berarti belum ada informasi tentang pinjol tersebut.

Anda sebaiknya hanya melalukan transaksi dengan pinjol legal agar kejelasan aturan dan keamanan anda terjamin. Berikut ini contoh percakapan dengan OJK Official.

 

Tags: Teknologi

Senang dengan layanan kami?

Dengan berlangganan, maka lebih mudah bagi kami untuk mempromosikan aktifitias terbaru.