Breaking News

Berita Diskominfo

09
01 - 2020

328

Image

PROSES PEMBUATAN AKUN LAYANAN KOMINFO, MAIL.GO.ID dan DOMAIN DESA MELALUI LAYANAN KOMINFO

2020-01-09 12:59:04 | Artikel | 328

Kementrian komunikasi dan informatika Republik Indonesia memiliki layanan online yang dapat digunakan oleh para pemangku kepentingan dalam mendukung administrasi secara elektronik. Kegiatan administrasi yang dilakukan melalui layanan online ini memudahkan pemerintah daerah atau desa dalam melakukan berbagai administrasi ke kementrian yang dapat dilakukan secara online seperti pembuatan mail.go.id untuk perangkat daerah dan perangkat desa dan juga domain desa.

            Untuk dapat mengakses fitur – fitur seperti layanan mail.go.id dan domain desa, maka pihak terkait harus memiliki akun layanan kominfo terlebih dahulu, adapun proses pembuatannya dapat dilakukan dengan mengakses : https://layanan.kominfo.go.id/register. Proses pendaftaran akun layanan kominfo memiliki persyaratan yaitu pendaftar harus memiliki email yang nantinya akan digunakan untuk verifikasi akun oleh system.

  1. Perangkat Desa kunjungi portal website https://layanan.kominfo.go.id/register.
  2. Perangkat Desa mengisi Form Pendaftaran dengan menginputkan data sesuai dengan form yang ditampilkan.
  3. Perangkat Desa melakukan verifikasi email dengan cara mengecek email masuk pada email yang diinputkan pada form pendaftaran. Lihat petunjuk didalam email tersebut.
  4. Perangkat Desa Kembali mengunjungi portal website namun ke halaman https://layanan.kominfo.go.id/login.
  5. Isi form login kemudian submit.

Perangkat Desa yang sudah memiliki akun layanan kominfo sudah dapat mengakses layanan yang tersedia namun belum bias mengakses semua fitur dikarenakan harus melakukan verifikasi akun. Namun sebelum ke tahap verifikasi akun, ada baiknya perangkat desa tersebut melakukan pendaftaran mail.go.id sehingga akun perangkat desa tersebut memiliki mail.go.id, karena nantinya mail.go.id ini akan digunakan untuk tahap verifikasi akun.

Perangkat Desa yang sudah memiliki akun mail.go.id kemudian melakukan verifikasi tapi sebelum memverifikasi akun, perbaharui terlebih dahulu profil pengguna pada menu akun pengguna.

            Akun yang telah diverifikasi akan memiliki tanda centang hijau yang berarti telah diverifikasi oleh kementrian sehingga dapat menerima layanan seperti pengajuan domain desa.id. Tahap pengajuan domain desa.id akan membutuhkan beberapa dokumen seperti :

  1. SK Kepala Desa.
  2. SK Perangkat Desa.
  3. KTP Kepala Desa.
  4. Surat Kuasa.
  5. Surat Permohonan.

File-file tersebut harus diupload, masing-masing file harus lebih kecil dari 256Kb. Adapaun untuk keterangan lebih lengkap dapat dilihat langsung melalui websitenya.

Pada tahap pengisian form pendaftaran perangkat desa akan diminta untuk mengisikan name server dari server yang akan digunakan nantinya. Maka dari itu sebaiknya desa sebelumnya sudah memiliki hosting.

            Setelah semua tahapan berhasil dikerjakan maka nantinya perangkat desa akan memiliki akun layanan kominfo, akun mail.go.id dan domain desa. Dan untuk detail lebih lengkapnya dapat ditanyakan melalui dinas komunikasi dan informatika daerah atau menghubungi kementrian kominfo melalui https://layanan.kominfo.go.id/hubungi-kami.

            Informasi ini diharapkan dapat membantu desa dalam menyiapkan layanan website desa sebagai salah satu bentuk layanan desa terhadap masyarakat melalui pemanfaatan teknologi website.

Note :

  • Didalam prosedur pengajuan domain terdapat proses pembayaran domain desa.id
  • Untuk Proses pembayaran domain tahun pertama sebesar Rp. 0,- dan tahun selanjutnya sebesar Rp. 55.000,-
  • Invoice dikirimkan melalui mail.go.id pembuat domain desa.id
Related Post
Berita yang memiliki kesamaan topik pembahasan atau memiki kategori yang sama dengan berita yang sedang anda baca.
user
Daftar Nomor Telepon Penting
user
PROSES PEMBUATAN AKUN LAYANAN KOMINFO, MAIL.GO.ID dan DOMAIN DESA MELALUI LAYANAN KOMINFO
Hak Cipta © Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ciamis - 2020